Melakukan Rihlah Dakwah, Al Habib Ali Bin Syeikh Abu Bakar Berkunjung Ke Majelis Al Muwasholah Jember

Jember, Education AlMuwasholah

EDU.ALMUWASHOLAH.COM | Habib Ali bin Abu Bakar bin Syekh Abu Bakr bin Salim atau lebih dikenal dengan Habib Ali Bakar, Melakukan agenda rihlah dakwah ke Indonesia selama 4 hari, dimulai pada tanggal 28-31 Januari 2024 serta bersilaturrahmi dengan Majelis Al Muwasholah Jember Baina Ulama AlMuslimin.

KLIK : Berita terbaru Majelis Al Muwasholah

Dalam agendanya, beliau Habib Ali Bakar tiba di kota Jember pada hari Ahad, 28 Januari 2024 dan melaksanakan rangkaian pertamanya yaitu menghadiri acara Tabligh Akbar peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Haul Al Maghfurlah KH. Muhammad Nasich Hamid bersama majelis Ahbabul Musthafa curah malang, Jember. Pada acara tersebut beliau juga di dampingi Al Habib Muhammad bin Umar Al Haddar dari Majelis Al Muwasholah Bondowoso sebagai penerjemah.

Selama di kota Jember, beliau akan melaksanakan beberapa agenda lainnya seperti ;

  • Dars Fajr di Pondok Pesantren Nurul Ulum
  • Muhadlarah Illmiyah di Pondok Pesantren Ahlul Irfan
  • Ziyaroh Habib Sholeh Muhsin Al Hamid
  • Silaturrahmi di kantor Majelis Al Muwasholah Jember
  • Tabligh Akbar Majelis Taklim malam selasa
  • Dars Fajr di Ponpes Tahfidzul Quran Yasinat
  • Majelis Hadroh Basudan di kediaman Habib Muhammad Amin
  • Terakhir, Muhadlarah Ammah di Ponpes Al Inaroh

Habib Ali Bakar saat ini mengabdi pada umat antara lain sebagai Ketua Ma’had Al-Yusra, Tarim, Hadramaut, Yaman, sebuah lembaga yang khusus mengajarkan Al-Qur’an, Ilmu Pengetahuan Islam, dan Bahasa Arab.

Habib Ali Bakr juga melakukan perjalanan jauh di dunia Arab di antaranya negara Arab Saudi, Oman, Mesir, dan Suriah. Selain itu, beliau juga sering melakukan agenda di negara bagian Asia Timur di antaranya Singapura, Malaysia, Indonesia, Brunei, Thailand, Tiongkok, dan Hongkong dengan menyeru masyarakat di wilayah ini kepada Allah, mendorong persatuan di antara umat Islam, dan menyebarkan kebaikan di masing-masing wilayah tersebut.

Baca juga : Kunjungan Syaikh Ibrohim AlKholil al-Bukhori di Majelis Al Muwasholah Pusat

Sekilas tentang beliau, Habib Ali bin Abu Bakar bin Syekh Abu Bakr bin Salim lahir pada tanggal 7 Maret 1963 di tanah berkah Hadramaut. Habib Ali Bakr telah mencari Ilmu Suci di banyak tempat, termasuk Inaat, Tarim, Seiyun, Baidoh, Shihr dan Jeddah, serta para ulama terkemuka di zaman kita. Guru-gurunya antara lain: ulama besar dan Mufti Utama Tarim, Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafiz (kakak dari Habib Umar bin Hafiz); Ad-Da’I ilaAllah Al-Habib Umar bin Hafiz ; Al-Habib Umar bin Alawi Al-Kaff; Qutb az-Zaman Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad Al-Seggaf, Al-Habib Ali bin Hasan bin Ismail Al-Hamid; Al-Habib Hassan bin Abdullah Ash-Shatiriy dan saudaranya.

Beliau juga belajar kepada Sultan al-Ulama’ Al-Habib Salim bin Abdullah Ash-Shatiriy; Al-Mufakkir Al-Habib Abu Bakar Al-Adniy bin Ali Al-Masyhu r; Ash-Syekh Abdul Qawiy Ba’Fadhal, Al-Mufti Ash-Syekh Fadhl bin Abdul Rahman BaFadhal; Ash-Syekh Muhammad bin Ali Al-Khatib; dan para ulama terhormat lainnya.

Semoga dengan agenda rihlah dakwahnya ke Indonesia, dapat menjadi jalinan silaturrahmi bagi Majelis Al-Muwasolah dengan para ulama yang ada di Indonesia serta mendoakan agar Habib Ali Bakr sukses dalam upaya dakwahnya.

sumber : Majelis Al Muwasholah

Related Articles

EDU.ALMUWASHOLAH.COM | Dikutip dari cnnindonesia.com. Ulama sekaligus pendakwah asal Yaman, Habib Umar bin Hafidz, datang ke Indonesia untuk mengisi sejumlah kegiatan keagamaan. Ia dijadwalkan melawat…