Keutamaan Dalam Menyambut Malam Nisfu Syaban

Jakarta, Education AlMuwasholah

EDU.ALMUWASHOLAH.COM | Malam Nisfu Syaban, atau malam ke-15 di bulan Syaban adalah salah satu malam yang istimewa. Melalui Lembaga Falakiyah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengikhbarkan bahwa awal bulan Syaban 1445 H jatuh pada 11 Februari 2024, Oleh sebab itu, Maka malam Nisfu Syaban akan terjadi pada malam ahad di tanggal 24 Februari 2024.

KLIK : Berita terbaru Majelis Al Muwasholah

Di antara keutamaan malam Nisfu Syaban antara lain:

1. Malam Ampunan Dari Allah

Pada malam ini, Allah membuka pintu ampunan-Nya kepada hamba-Nya. Banyak hadis yang menyebutkan tentang kemurahan Allah pada malam ini, di mana Dia mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

Meskipun malam Nisfu Syaban merupakan malam yang istimewa, bukan berarti semua orang akan mendapatkan pengampunan. Ada beberapa golongan yang diharamkan mendapat ampunan Allah di malam tersebut, antara lain orang yang musyrik, kafir, durhaka kepada orang tua, dan memutuskan silaturahmi.

Baca juga : Ada apakah di Bulan Syaban?

2. Malam Terkabulnya Doa

Malam Nisfu Syaban merupakan salah satu dari lima malam yang utama, di antaranya ; Idul Fitri, Idul Adha, malam Jumat dan malam awal bulan Rajab.

Malam Nisfu Syaban sangat istimewa, dan umat Islam dianjurkan untuk berdoa dan memanjatkan permohonan kepada Allah Swt. Malam ini dianggap sebagai kesempatan yang baik, dan doa-doa yang tulus memiliki potensi besar untuk dikabulkan oleh Allah.

3. Malam Dianjurkan Perbanyak Ibadah

Untuk menghidupkan malam Nisfu Syaban, disunahkan untuk melakukan ibadah, seperti salat Isya berjamaah dan salat Subuh berjamaah. Selain itu, ziarah ke makam kaum shalihin juga disarankan, serta membaca Yasin dengan niat tertentu untuk memohon berbagai kebaikan dari Allah Swt.

4. Malam Allah Menetapkan Takdir Manusia

Takdir manusia dalam setahun itu ditetapkan di malam Nisfu Syaban. Orang itu akan menjadi orang beruntung yakni menjadi ahli surga atau menjadi orang yang celaka ahli neraka maka di malam Nisfu Syaban ditentukan. Rezekinya banyak atau sedikit juga di malam Nisfu Syaban ditentukan. Dapat rahmat Allah atau dapat laknat juga di malam Nisfu Syaban ditentukannya.

Oleh karena itu, di malam Nisfu Syaban ulama betul-betul memperbanyak doa. Tidak ada yang bisa menolak bala seperti doa, maka guru-guru kita di malam-malam istimewa diajarkan untuk beramal saleh yang istimewa.

Dalam menyambut malam Nisfu Syaban, marilah kita memperbanyak ibadah dan doa kepada Allah Swt. serta memohon ampunan-Nya. Semoga kita semua termasuk dalam golongan yang mendapatkan rahmat dan ampunan-Nya di malam yang penuh berkah ini.

Buat akun Education AlMuwasholah : KLIK DISINI

Related Articles