Haul Sapuro Pekalongan ke-98 : Mengenal Sosok Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib al-Athos

Jakarta, Education AlMuwasolah

EDU.ALMUWASHOLAH.COM | Pada tahun 2024 ini, Haul Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib al-Athos atau sering dikenal dengan Haul Sapuro Pekalongan akan diadakan pada tanggal 24 Februari 2024. Kegiatan peringatan Haul Sapuro ini rutin digelar tiap tahun pada tanggal 14 Syaban dalam penanggalan hijriah.

KLIK : Berita terbaru Majelis Al Muwasholah

Pekalongan merupakan salah satu kota penting dalam penyebaran agama Islam di Pesisir Pulau Jawa. Tidak heran terdapat tokoh Islam yang berpengaruh dan dimakamkan di Kota Pekalongan. Setiap puncak peringatan Haul Sapuro yaitu Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib al-Athos dihadiri jamaah dari berbagai daerah.

Bagaimana Sosok Habib Ahmad bin Abdullah al-Athos?

Habib Ahmad al-Athos adalah seorang ulama yang lahir di Hadramaut dan berguru dengan ulama terkemuka di sana sebelum melanjutkan studinya di Makkah. Setelah mendapatkan isyarat untuk berdakwah di Nusantara, beliau menetap di Pekalongan.

Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib al-Athos dikenal sebagai seorang ulama yang sangat tegas dalam menjalankan syariat Islam. Dakwahnya menjangkau berbagai pelosok dan pengajiannya dihadiri oleh banyak tamu yang datang untuk mencari nasihat dan doa. Beliau dikenal sebagai sosok yang sangat dihormati dan doanya dikabulkan oleh Allah.

Baca juga : Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Kesetiaannya dalam menegakkan amar makruf nahi munkar sangat teguh, beliau merupakan sosok yang mengingatkan umat Islam untuk tidak takut menegur orang zalim. Beliau juga sangat menjaga tata cara dan adab, seperti meminta agar perempuan menggunakan jilbab saat bertemu dengannya.

Meskipun begitu, beliau dikenal sebagai sosok yang sangat baik hati dan sering membantu orang lain. Tegasnya dalam menegakkan syariat Islam tidak pernah lepas dari keikhlasan dan kasih sayang kepada umat.

Meskipun ada yang tidak setuju dengannya, beliau selalu bertindak dengan penuh hati-hati dan kebijaksanaan dalam menegur atau menghadapi mereka. Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib al-Athos meninggal di Pekalongan dan dimakamkan di Sapuro.

Haulnya diperingati setiap tahun pada tanggal 14 Syaban. Kehadiran ulama-ulama seperti beliau menjadi penjaga dan berkat bagi negara, serta merupakan bagian dari kekayaan spiritual yang dimiliki Indonesia.

Berikut Jadwal Peringatan Haul Sapuro Pekalongan ke-98 pada Tahun 2024

Related Articles

EDU.ALMUWASHOLAH.COM | Dikutip dari cnnindonesia.com. Ulama sekaligus pendakwah asal Yaman, Habib Umar bin Hafidz, datang ke Indonesia untuk mengisi sejumlah kegiatan keagamaan. Ia dijadwalkan melawat…