Pentingnya Menjaga Kesahihan Salat Tarawih

Jakarta, Education AlMuwasholah

EDU.ALMUWASHOLAH.COM | Di momen bulan Ramadhan ini, bulan yang datang dengan penuh kemuliaan, keberkahan, ampunan, dan setiap ibadah yang kita lakukan mendapat pahala berlipat ganda daripada di bulan lain dengan berharap ridha Allah Swt.

KLIK : Berita terbaru Majelis AlMuwasholah

Dalam suatu hadis Rasulullah bersabda :

Barangsiapa yang berdiri ibadah di bulan Ramadhan, maka akan diampuni semua dosanya yang telah lalu. Dengan catatan dia penuh keimanan dan ikhlas karena Allah Swt.

Dari hadis tadi, yang dimaksud berdiri di bulan Ramadhan itu adalah salat tarawih. Salat tarawih ini syaratnya harus setelah menunaikan salat Isya dan dikerjakan dua rakaat salam, karena hal tersebut telah disampaikan Nabi Muhammad dalam hadisnya yang lain.

Dalam bulan Ramadhan, ibadah salat tarawih menjadi fokus perbincangan dan pertanyaan bagi sebagian umat Islam. Namun, yang paling penting adalah menjaga khusyuk dan sahnya salat tersebut, karena yang utama adalah memastikan bahwa salat tarawih dilakukan dengan benar, sesuai dengan rukun-rukunnya.

Baca juga : Habib Umar bin Hafidz : Hakikat Puasa

Kemudian, Habib Hasan bin Ismail Al Muhdor yang juga alumni dari Darul Musthafa Tarim, dalam konten video miliknya di Youtube Ahbaabul Musthofa Channel, beliau mengungkapkan sesuatu yang penting bagi umat Islam ketika mengerjakan salat tarawih.

Bahwa terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesahihan salat, yaitu bacaan Fatihah, Tasyahhud, dan Tumakninah. Habib Hasan menekankan pentingnya menjaga kejelasan dan ketepatan dalam bacaan Fatihah dan Tasyahhud, serta memastikan bahwa Tumakninah di antara gerakan salat juga terjaga.

Tak lupa, Habib juga menyoroti bahwa salat tarawih merupakan ibadah yang dikerjakan dengan kekhusyukan, tidak boleh diabaikan bahwa salat tersebut haruslah memenuhi syarat-syarat sahnya, termasuk di dalamnya ketepatan bacaan dan gerakan.

Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terkait dengan hukum dan tata cara pelaksanaan salat tarawih, serta mengingatkan umat Islam akan pentingnya menjaga kesahihan ibadah dalam menjalankan amalan agama.

Related Articles