MP3I berkunjung ke Habib Sholeh Al Jufri

EDU.ALMUWASHOLAH.COM | Pada hari kamis (11/5) bertepatan 20 Syawal 144H MP3I melakukan silaturahmi kepada Al Habib Sholeh selaku ketua Muwasholah Indonesia, ini juga merupakan lanjutan perjalanan rihlah Majelis Al Muwasholah pada tahun ini.

“Sebenarnya MP3I terinspirasi dari pertemuan para ulama dan habaib, ketika tahun 2003 di Pon-Pes  Langitan serta tahun 2005 di Lirboyo namun masih belum ada gerakan, maka di Pacitan kemaren lah oraganisasi ini baru dibentuk.” Papar KH. Zein Ali Ma’sum.

Lanjutnya beliau menjelaskan bahwa MP3I sendiri bertujuan untuk meniadakan pesantren yang selama ini hanya meminta-minta  atau mengajukan proposal.  Kedepannya pesantren harus mandiri dengan kiainya yang juga harus sejahtera.

Pada pertemuan tersebut, selaku Ketua Majelis Al Muwasholah Indonesia, Al Habib Sholeh Al Jufri memaparkan program-program yang ada pada Majelis Al Muwasholah. Seperti pengiriman pelajar putra-putra kyai ke Darul Musthofa Tarim, rencana terselenggaranya Multaqo Ulama bersama Al Habib Umar bin Hafidz di Jakarta, pelatihan-pelatihan kerjasama antara Pondok Pesantren dan Pelaku Pertanian di wilayah Solo dan sekitarnya sehingga Pondok Pesantren dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan santri dengan memanfaatkan lahan pertanian sebagai salah satu sumber penghasilan ekonomi Pondok Pesantren, serta program lainnya.

Kyai-kyai dan tokoh-tokoh yang terkumpul saat itu sangat merespon baik akan program-program Majelis Al Muwasholah, kemudian mereka memberikan beberapa ide-ide gagasan yang menjadi bahan pemikiran program Majelis Al Muwasholah untuk kedepannya.

Related Articles